Bolehkah Pasang KB IUD Saat Puasa

Ramadan hampir tiba dan Anda berencana memasang IUD untuk obat mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. Namun, sebagian dari Anda khawatir jika pemasangan IUD KB di bulan Ramadhan dapat menghapuskan puasa.

Melanjutkan apa saja fakta sebenarnya? Dapatkah saya menginstal KB IUD selama puasa?

Di sini dikumpulkan deskripsi pemasangan KB IUD selama puasa.

1. Menginstal IUD selama puasa

Anda mungkin termasuk di antara mereka yang bertanya-tanya, apakah menginstal IUD dapat menghentikan puasa. Kini Anda tidak perlu khawatir karena memasang IUD tidak menghentikan puasa yang sedang Anda jalani.

IUD atau perangkat intrauterin merupakan salah satu alat kontrasepsi yang menjadi jalan Keluarga Berencana (KB).

Bahan dasar IUD sebagian besar terbuat dari plastik dalam bentuk semacam huruf T. Pemanfaatan alat IUD dicoba dengan teknik memasukkan ke dalam rahim, waktu pemasangan alat ini terjadi sekitar 15 hingga 20 menit.

2. Niat dan instalasi yang baik oleh saudari

Anda dan pendamping yang berencana memasang IUD dengan niat baik tentu saja diizinkan untuk agama.

serupa salah satu contohnya, untuk mengontrol jarak kelahiran anak, atau masih sempat mempersiapkan kebutuhan hidup anak nantinya.

Tidak hanya itu, ketika menginstal alat KB, Anda benar-benar harus membuktikan aurat. Oleh karena itu, agar merasa lebih nyaman, Anda diusulkan untuk memasang perangkat IUD KB dengan paramedis wanita yang merupakan sesama mahram.

3. Pemasangan IUD KB

Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh melalui tenggorokan dengan benar mungkin menghapuskan puasa. Namun, IUD dimasukkan ke dalam rahim yang terletak jauh dari saluran pencernaan.

Tidak hanya itu IUD tidak termasuk dalam zat padat yang memiliki nutrisi untuk tubuh, pemasangan IUD jelas tidak berhenti berpuasa.

4. Penyakit darah yang tidak menghilangkan

puasa Anda mungkin menghadapi perubahan dalam siklus menstruasi. Rentang waktu datang berbulan-bulan dan jumlah darah setelah pemasangan KB IUD juga akan berkembang biak dari biasanya.

Jika darah yang keluar merupakan dampak dari pemasangan IUD, darah dikategorikan sebagai penyakit darah yang tidak menghilangkan doa atau puasa.

5. IUD memiliki banyak manfaat

KB IUD ada manfaat yang baik untuk Anda, yaitu sederhana dipasang dan dihapus setiap saat, juga tidak khawatir kesuburan, produksi dan kualitas ASI juga terjaga.

KB dapat dikenakan pasca-kelahiran dan tidak khawatir dengan aktivitas, proses pemasangannya ketat dan aman.

Setelah dipasang cara KB IUD, Anda akan segera terlindungi dari kehamilan.

Itulah informasi pemasangan KB IUD yang bisa dicoba saat berpuasa. Informasi Moga-Moga di atas dapat membantu ya.

Sumber : tundakehamilan.com

 

Previous Post

No more post

You May Also Like