Cara Membuat Batako Manual

Pengunaan beton bagaikan material gedung kala ini sudah sungguh-sungguh umum dan telah dibuktikan oleh waktu bagaikan materi bilik yang tahan gempa. Beton dapat dibikin dengan tangan dan mesin. Pemanfaatan eksklusif beton didetetapkan oleh rasio dan mutunya. Salah satu jenis beton yang cukup familiar dikalangan masyarakat ialah BATAKO, ada dua macam teknik membikin batako yaitu teknik membikin batako dengan cara manual dan metode membikin batako press dengan dukungan mesin cetak press batako.

Batako ada sifat-sifat panas dan ketebalan total yang lebih baik dibanding dengan beton padat. Bila ketimbang dengan batu bata, batako punya profit tertentu seperti, beratnya cuma 1/3 dari batu bata untuk jumlah yang sama. Batako dapat disusun 4 kali lebih kencang dan cukup tangguh untuk segenap pemakaian yang rata-rata memanfaatkan batu bata. Bilik yang terbikin dari batako ada kelebihan dalam hal meredam panas dan suara. Makin banyak produksi beton kian ramah area dari pada produksi bata tanah liat karna tak harus dibakar.

Batako sendiri mempunyai bermacam bentuk dan ukuran, yang terkenal dimasyarakat sekarang ini ialah batako padat dengan batako berlubang. Yang Membedakan cuma di cetakan saja, juga harus di ingat walaupun batako berlubang volume nya tak sama dengan batako padat tapi tetap hendaklah ada stamina selevel dengan batako padat.

Berikut Materi – materi yang butuhkan untuk menciptakan batako dengan cara manual ialah :
Semen
Air
Kerikil kasar
Pasir (ukuran halus sampai 5 mm)

Peralatan yang dibutuhkan :

Cetakan batako
Ayakan pasir
Kotak adukan
Sendok semen
Sekop
Cangkul
Ember dan ember penyiram
Plastik (untuk mengendalikan kelembaban)
Langkah Perencanaan :

Siapkan perkakas,peralatan dan bahan. Ayak pasir mula-mula dengan saringan pasir 1 cm untuk memisahkan batu-batu yang besar. Kemudian ayak lagi dengan tapisan yang lebih kecil untuk memperoleh pasir halus. Pasir harus bersih dari kotoran, sampah dan lumpur.

Mengaduk Beton

Kali ini bakal diulas mengaduk beton dengan tangan, janganlah lupa sediakan sarung tangan plastik. Langkah-langkah mengaduk beton dengan tangan ialah selaku berikut :

Taburkan beberapa pasir yang sudah diukur setebal 10 cm di kotak adukan
Tuang semen di atas pasir dan aduk keduanya dengan cara beriringan sampai warna keduanya tercampur
Bentuk adukan jadi gundukan, juga buat lubang semacam cekungan di tengah
Siram dengan sedikit air dengan cara perlahan dan aduk sampai terbentuk pasta yang merata
Bila mengenakan kerikil, kini tambahkan dalam ukuran yang cocok batu dan aduk sampai tiap batu terlapisi dengan cara merata;
Periksa adukan: ambil segenggam penuh adukan dan bentuk serupa bola kecil. Bila bola itu tak retak, dan tangan sedikit basah, adukan siap untuk dicetak.
Perbandingan Adukan Beton

Untuk perimbangan adukan beton dipakai 1 bagian semen berkualitas baik + 2 bagian pasir sungai yang� bersih + 3 bagian batu + Air secukupnya

Langkah selepas itu Mencetak Batako dengan cara manual
Siapkan alat cetakan

Masukkan adukan beton kedalam wadah sementara
Tempatkan bagian bawah cetakan ke tempat yang benar (di bawah atap atau tempat teduh lainnya)
Beri oli dibawah cetakan
Tuang adukan beton kedalam cetakan
Letakkan alat tekan cetakan di atas bagian bawah cetakan
Tekan alat tekan lurus ke bawah sampai-sampai “bagian kakinya mengenai lantai pada ke dua sisi
Injak dengan kaki ke atas alat tekan cetakan, tekan cetakan, ambil pegangan bagian bawah cetakan, perlahan � tanah angkat bagian atas cetakan
Letakkan bagian bawah cetakan ke tanah dengan cara perlahan
Keluarkan perlengkapan tekan dari bagian bawah cetakan; pisahkan ke samping
Perlahan-lahan angkat bagian bawah cetakan ke atas, dan tempatkan di samping batako yang anyar jadi
Biarkan batako yang anyar sepanjang 1 hari, tidak boleh kena sinar matahari langsung
Setelah 1 hari, batako ditumpuk dan dicoba /curing/ sepanjang seminggu
Bersihkan cetakan dari debu dan kasih minyak lagi di cetakan dan batako selanjutnya siap dicetak.
Semoga kiat membikin batako dengan cara manual ini bisa menambahkan info bagi kita maka mampu mendesak keluarnya ide bisnis anyar yang bisa kita kerjakan biar pengganguran di negeri kita menurun dan ekonomi keluarga kita meningkat. Bagi kamu yang ingin sungguh-sungguh membuka usaha batako, ada bagusnya menanya pada Ahli Konstruksi yang ada didaerah kamu atau menyelenggarakan survey dan pelajari langsung di pabrik batako maka pada prakteknya tak salah dan mudarat baik untuk pribadi (modal dan waktu) atau bagi lingkungan.

 

You May Also Like